Apakah Anda ingin memulai sebuah website bisnis tetapi tidak yakin bagaimana untuk memulai? Kemudian Anda dihadapkan pada dua pilihan antara menggunakan WordPress atau HTML statis. Keuntungan apa saja yang didapat jika menggunakan WordPress atas situs HTML statis. Pada artikel ini yang telah dikupas tuntas di WPBeginner (25/02/2016), kita akan membandingkan WordPress vs HTML dan apa yang terbaik untuk website bisnis Anda.

Apa itu WordPress?

WordPress adalah Content Management System (CMS). Content Management System memungkinkan ANDA untuk mengelola website Anda dari antarmuka yang ramah pengguna.

Anda dapat membuat semua perubahan pada website Anda dari daerah admin yang cukup mudah dimengerti, bahkan untuk pemula mutlak.

Meskipun ada banyak CMS di luar sana, WordPress adalah salah satu yang paling populer karena kekuatan hampir 26% dari semua situs web di internet.

Hal ini penting untuk tidak membingungkan WordPress.org dengan WordPress.com. WordPress, open source CMS tersedia di WordPress.org. Di sisi lain, WordPress.com adalah layanan blog hosting. Silakan lihat panduan kami tentang perbedaan antara WordPress.org dan WordPress.com.

Sekarang, mari kita lihat pro dan kontra dari menggunakan WordPress.

Keuntungan Menggunakan WordPress

Mudah untuk Perbarui – Anda hanya dapat login ke situs WordPress Anda dan menambahkan halaman baru tanpa membayar pengembang Anda. WordPress mudah digunakan dan memiliki antarmuka pengguna yang natural, yang membuatnya mudah bagi Anda untuk membuat atau memperbarui halaman di situs Anda.

Template Profesional – Ada ribuan template siap pakai yang dapat Anda gunakan di situs Anda. Tema ini dikembangkan oleh para profesional dari seluruh dunia.

Sangat Kuat – situs WordPress dapat dengan mudah diperpanjang dengan plugin. Dengan menginstal plugin, Anda dapat menambahkan fungsionalitas untuk situs web yang ada seperti menambahkan formulir kontak, menambahkan sistem reservasi, menambahkan galeri foto, dan banyak lagi.

Kontrol penuh dan Kepemilikan – Anda mendapatkan kontrol penuh dari situs Anda, nama domain, dan semua isinya. Anda dapat membuat perubahan yang Anda inginkan, dan tidak ada batasan pada seberapa banyak situs Anda dapat tumbuh dalam popularitas, lalu lintas, penjualan, dan pengguna.

Kerugian Menggunakan WordPress

Kurva Belajar – Sementara WordPress mudah digunakan namun butuh beberapa saat untuk kebanyakan pemula untuk menjadi akrab dengan software ini. Ada banyak bantuan yang tersedia untuk mendapatkan lebih dari kurva belajar ini dengan cepat, tapi itu akan mengambil sedikit usaha.

Pemeliharaan – Anda akan bertanggung jawab untuk menjaga WordPress, plugin diinstal, dan tema terkini. Anda juga dapat menggunakan hosting WordPress dikelola yang dapat melakukan hal ini untuk Anda.

Apa itu Website HTML Statis?

HTML adalah bahasa markup yang digunakan untuk menampilkan halaman web. Kebanyakan website pada penggunaan internet HTML dengan berbagai markup dan scripting bahasa untuk membuat halaman web.

Biasanya Anda akan perlu menyewa seorang developer web untuk membuat sebuah website HTML untuk bisnis Anda. Mereka akan menggunakan HTML, CSS, JavaScript dan beberapa teknologi lainnya untuk membangun website Anda.

Software CMS seperti database menggunakan WordPress untuk menyimpan dan mengambil konten. Di sisi lain, website HTML memiliki semua konten Anda di file statis.

Sekarang, mari kita lihat keuntungan dan kerugian dari sebuah website HTML untuk bisnis Anda.

Keuntungan dari Website HTML

Sedikit sampai Tidak ada Pemeliharaan – Setelah website Anda hidup, Anda tidak perlu menginstal pembaruan atau mem-backup secara teratur. Jika tidak ada yang berubah, Anda hanya dapat backup website Anda sekali dan melupakannya.

Persyaratan Rendah – Situs HTML tidak perlu server dengan PHP atau MySQL diinstal di dalamnya. Mereka bisa berjalan di server yang lebih murah dengan sumber daya yang rendah. Meskipun sebagian besar baik web hosting perusahaan menawarkan PHP dan dukungan MySQL.

Kekurangan dari Website HTML

Tidak ada Pembaruan – Kecuali Anda mengenal HTML/CSS, website HTML statis bisa sangat sulit untuk memperbarui bagi pemula. Anda akan perlu untuk menyewa developer bahkan untuk tugas yang lebih kecil seperti menambahkan halaman baru, memperbarui konten lama, atau meng-upload video atau gambar.

Tidak ada Fitur Tambahan – Jika bisnis Anda berkembang dan Anda ingin menambahkan fitur ke situs web Anda seperti toko, survei atau jajak pendapat, galeri, dll. Semua ini akan mengharuskan Anda untuk menyewa pengembang dan dalam kebanyakan kasus mereka akan merekomendasikan Anda untuk pindah ke WordPress.

Biaya – Menimbang bahwa Anda akan harus menyewa orang bahkan untuk tugas-tugas terkecil, biaya website HTML bisa lebih tinggi dari website WordPress.

Apa yang lebih baik? WordPress atau HTML?

Sekarang kita tahu pro dan kontra dari kedua WordPress dan website HTML. Mari kita bicara tentang mana yang lebih baik untuk website bisnis Anda.

Jika Anda yakin bahwa Anda tidak akan pernah ingin memperbarui, mengubah, atau menambahkan sesuatu yang baru ke website Anda, maka dengan segala cara pergi untuk situs Web HTML. Ini akan menjadi lebih cepat dan akan melayani tujuan Anda.

Jika Anda ingin memiliki kebebasan dan kontrol dari situs Anda dan tidak membuang-buang uang pada pengikut bulanan membayar pengembang untuk menambahkan gambar, ketika WordPress jelas pilihan yang lebih baik.

Bagi mereka yang ingin mengembangkan website bisnis mereka untuk membuat Anda lebih banyak uang, maka WordPress adalah cara untuk maju.

Menggunakan WordPress Anda dapat menambahkan konten ke situs web Anda tanpa menyewa orang. Anda dapat menciptakan halaman yang Anda butuhkan setiap saat.

Anda dapat menambahkan bagian blog untuk mempertahankan pelanggan Anda diperbarui, atau bahkan membangun daftar email Anda sendiri dan tetap membawa lebih banyak pelanggan untuk bisnis Anda.

Anda akan menjadi bagian dari komunitas global bisnis yang menggunakan WordPress untuk mengelola kehadiran online mereka. Anda akan menemukan banyak bantuan, sumber daya, peralatan dan plugin gratis untuk mengembangkan bisnis Anda setiap hari.

Alih-alih membayar pengembang banyak uang untuk hal-hal terkecil, Anda akan dapat menghabiskan uang yang pada pertumbuhan bisnis Anda dengan WordPress.

Bagaimana Memulai Dengan WordPress untuk Website Bisnis atau Blog?
Pertama, Anda akan perlu mendaftar untuk penyedia layanan hosting WordPress. Hosting ini menyediakan fasilitas khusus untuk menjadi host website Anda di server mereka.

Bagi Anda yang akan memulai webiste bisnis ataupun berupa blog menggunakan platform WordPress, bisa Anda baca di artikel Cara Membuat Blog di WordPress. Pada artikel ini semuanya dikupas tuntas dari awal Anda membuat blog hingga diluncurkan secara online.

Sumber. : afahrurroji.net

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top